Minggu, 03 April 2011

Gantungan Kunci Flanel

Gantungan Kunci Strawberry dari Kain Flanel ala Sunflo


DSC06748Aku pingin share tentang sedikit keterampilan tanganku neeh… Kalo boleh bernarsis ria, aku punya suatu karya cipta, yaitu boneka strawberry imut yang seger, berisi, bisa buat gantungan kunci dan gantungan Hp, yang sunflo banget gtu… ( halah!!!). Terinspirasi dari bentuk bantal strawberry yang gembung, yang banyak dijual di kotaku dan tempat wisata di  Bandung, maka kucoba memodifikasinya agar imut dijadikan sebagai gantungan kunci atau gantungan Hp. Ada 2 orang pencipta lain yang kutemukan di internet, bisa dilihat hasil karya imut mereka di: http://minicutee.blogspot.com dan http://gusfy.blogspot.com.
Baiklah, kita mulai pelajaran singkat ini:
11. sediakan alat dan bahan berupa kain flanel merah dan hijau, kain dakron, ring gantungan kunci/gantungan Hp, jarum, benang (bisa pakai warna hijau dan merah, tapi aku sendiri suka warna hitam, kesannya kontras dan elegan, kayaknya) dan gunting.
22. gunting kain merah dengan pola strawberry  dan kain hijau dengan pola kelopak daun 5-7 helai, seperti terlihat pada gambar.
3. mulai menjahit pola strawberry dengan tusuk feston dan sisakan 3 cm sebagai tempat untuk memasukkan dakron.
3  4
4. masukkan dakron sebanyak-banyaknya ke dalamnya dengan bantuan lidi atau pensil untuk membantu menekan, hingga kesan ‘gendut’ terlihat pada strawberry kita (ini ciri khas dari strawberryku, semakin gendut, semakin OK), dan jahit hingga rapat.
5  6
5. dengan tusuk tikam jejak dan menariknya, buatlah kerutan pada objek (ini yang menimbulkan kesan fresh dan berisi, jadi seperti aslinya).
7  8
6. buatlah bintik-bintik hitam di seluruh permukaannya serapi mungkin, setelah selesai, kembali ke ujung kerutan.
9  10  11
13DSC067637. sekarang acara memasang kelopak daun…, tusukkan jarum di tengah pola kelopak daun, dan mulai menjahit dengan teknik tikam jejak membentuk urat kelopak yang menyebar, jahitan harus mengenai ‘daging’ buah strawberry, karena jahitan ini berfungsi sebagai perekat. lakukan di setiap sisinya. hasilnya bisa dilihat pada gambar.
14  15  16
178. pasangkan ring gantungan dengan cara menjahit mati berulang-ulang hingga dirasa kuat, usahakan serapi mungkin.
9. jadilah dia sebagai sebuah gantungan kunci strawberry ala sunflo!!
18
DSC0678310. dia berpose bersama dengan para pendahulunya. terlihat gantungan Hp punya sunflo yang dipadukan dengan rantai dan aksesoris lain. untuk gantungan Hp, digunakan gantungan yang ada kepala yang bisa di lepas, kebayang ‘kan kalau pake yang biasa…., strawberry segede dan sebanyak itu, gimana bisa masuk ke lubang aksesoris Hp?
Sekedar info, ukuran pola buah strawberry yang pernah kubuat berkisar dari 2,5×2,5 cm sampai 8×8 cm, satu gantungan bisa lebih dari satu buah. Sekali lagi, kunci dari boneka strawberry sunflo adalah semakin gendut semakin oke, terlalu gendut…??! bubar deh…. Selamat mencoba dan berkreasi!!
Lihat juga kreasiku yang lain: sunflower , wortel dan nanas, ato kalo mo liat kreasi flanel imutz – imutz, klik ajah di sini.

 

 

Gantungan Kunci dan Hp Sunflower dari Kain Flanel


DSC07695

Mari kita mulai pelajaran kali ini….
bahan sunflower1. Sediakan kain flanel warna coklat (aku paling suka pake coklat tua, tapiternyata sobatku beliinnya yang kayak gini) dan kuning, plus lem (boleh castol atau uhu, jangan lem kertas yaa…).

guntingan flanel sunflower2. Potong kain flanel tersebut dengan pola seperti pada gambar. Aku membuat 3 ukuran sunflower dengan diameter 4- 6 cm berjumlah sepasang, sedang untuk kelopaknya berukuran 1,5 x 3 cm sebanyak 16 lembar. Boleh ditambahi kain flanel hijau untuk pola daun untuk aplikasi sunflower nanti.
3. Gunting kelopak bunga, berbentuk meruncing pada salah satu sisi pola.helai kelopak sunflower



4. Dengan menggunakan lem, tempelkan kelopak pada pola lingkaran coklat, memutar, bisa pada satu pola (kelopak 2 lapis) atau pada kedua pola (kelopak satu lapis)
tempel1     dipasang keliling    tempel2 tempel3 ki: 2 lapis, ka: 1 lapis tempel4
5. And then…gabungkan keduanya dengan dijahit, naah….menjahitnya gak pake tusuk feston, tapi tusuk biasa, keluar masuk dari kedua sisi. Aku pake benang hitam (selain karena kontras…dan gak ada benang yang senada dengan flanel coklatku), kusarankan pake benang yang sewarna biar senada. Jahit memutar dan sisakan celah 3 cm untuk memasukkan kain dakron ke dalamnya.
dijahit kasih antara 3 cm
6. Masukkan dakron dan kemudian jahit kembali hingga rapat dan pasang ring gantungannya.
masukin dakron pasang ring 
Jadilah dia seperti:
gantungan kunci sunflowernya sunflo
gantungan kunci sunflower ala sunflo
gantungan hp sunflowernya sunflo
gantungan Hp sunflower ala sunflo
aplikasi sunflowernya sunflo
aplikasi sunflower ala sunflo,
 bisa digunakan sebagai bros atau dipasangi magnet buat dipajang di lemari es… atau buat ditempel di tas, kayaknya oke banget dech…
Dan akhirnya…. hasil praktekku kali ini mejeng bareng dengan manisnya….
mejeng bareng
Mau nyoba??? Silahkan… moga-moga jadi amal jariyahku… Btw, gimana cara mematenkan hasil karyaku ini yaach…??!!

Sumber :
http://ilikesunflower.wordpress.com/2009/08/14/gantungan-kunci-strawberry-dari-kain-flanel-ala-sunflo/
http://ilikesunflower.wordpress.com/2009/10/11/gantungan-kunci-dan-hp-sunflower-dari-kain-flanel/

1 komentar: